GoogleGoogle Drive - Simpan segala sesuatu. Bagikan sesuatu.

Salah satu produk Google yang telah lama menjadi mitos akhirnya diluncurkan juga. Google Drive adalah layanan cloud dari Google yang menyediakan ruang online untuk menyimpan segala berkas yang kita miliki. Dari foto, video, berkas kerja, PDF; apapun itu bisa dimasukkan ke dalam Google Drive. Rumor tentang Google Drive telah beredar selama bertahun-tahun dan nampaknya buat Google sekarang adalah waktu yang tepat untuk meluncurkannya.

Ini adalah jawaban Google atas persaingan cloud untuk pengguna umum yang makin ramai, di mana pasar saat ini dikuasai oleh Dropbox dan disusul oleh SkyDrive dari Microsoft. Ada pula iCloud dari Apple tapi masih terbatas untuk pengguna Mac dan produk iOS (update: juga memiliki client Windows). Yang menarik, Microsoft baru saja memperbarui skema dan tampilan SkyDrive, termasuk space dan pricing.

Google Drive sendiri terintegrasi dengan Google Docs, di mana berkas-berkas yang selama ini ada di Google Docs secara otomatis disimpan di Google Drive. Ukuran ruang awal yang disediakan secara gratis adalah 5GB dan

 tersedia opsi memperbesar ruang hingga 1TB dengan skema pembayaran bulanan. Untuk memperoleh ruang 100GB misalnya, biaya yang dibayarkan lebih mahal ketimbang SkyDrive, tapi itupun masih lebih murah daripada yang ditawarkan oleh Dropbox.

Apa kelebihan Google Drive ketimbang produk cloud serupa? Pertama, ini adalah buatan Google yang sudah terintegrasi dengan akun Google yang sudah ada. Kebanyakan dari kita yang sudah memiliki akun Google bisa langsung mengaksesnya. Kedua, sekali lagi karena ini buatan Google, pencarian berbagai hal dengan berbagai kata kunci dan metode menjadi lebih mudah. Yang terakhir, pengguna Android kali ini mendapat prioritas untuk mengintegrasikan Google Drive ke ponselnya. Berikutnya pengguna iOS (iPhone dan iPad) akan memperoleh kesempatan serupa. Pengguna Windows dan Mac juga sudah bisa memanfaatkannya dengan ketersediaan aplikasi khusus.

Tentu saja produk mana yang Anda pilih tergantung pada kenyamanan masing-masing individu. Jika sudah lama menggunakan Dropbox bisa jadi akan sulit berpaling ke produk lain, tapi jika prioritas kita lebih ke arah space SkyDrive dan Google Drive adalah alternatif yang sangat menggiurkan.


Google Drive tersedia untuk:
  • PC dan Mac
  • iPhone and iPad (coming soon)
  • Perangkat Android

 read more : https://drive.google.com/start#home

Comments