Perintah Dasar Data base Mysql

Assalamu'alaikum sobat ,selamat siang ....
Siang-siang iseng nihh ngeblog aja yuk heheh :D sekalian saya mau bagi bagi ilmu nihh Tentang Perintah dasar Data base mysql ...



Kmarin kan saya sudah kasih tutorial tentang php nahh berhubung saya sekarang lagi belajar data base mysqlnya ,saya mau share nihh sama sobat-sobat smua ,, sobat mau tau kan oke simak yang saya share ya sobat ....

*Note :
Saya menggunakan :

XAMPP version 1.7.7
User            : root
Password    : 123456

lokasi xampp berada di : C:\xampp


Caranya :

Buka cmd (command prompt)
dengan cara .. Start > RUN > ketikan "CMD" (tanpa tanda kutip)

(Tampilan command prompt)


Setelah itu ketikan
cd \c:\xampp\mysql\bin

 Selanjutnya ketikan
mysql -u root -i


 Masukan paswordnya




1 . Membuat data base baru :

Cara melihat database :
 mysql>show databases ;

Cara membuat data base
mysql>create database [nama_database] ;
contoh : create database azura ;
menghapus data base :
mysql>drop database [nama_database] ;
contoh : drop database azura ;
menggunakan database
mysql>use  [nama_database]
contoh : use azura
 2 . Membuat Table baru :

membuat table
mysql>create table [nama_table] (
        >[nama_kolom] [type_colom](value),
        >[nama_kolom] [type_colom](value),
        >[.....]);

contoh : mysql>create table tb_azura(
                     >nama text,
                     >email varchar(20));


type kolom sobat bisa baca disini


menampilkan kolom
mysql>show coloums from[nama_database];
contoh : mysql>show cooums azura;

Comments

Post a Comment