Relasi Pada Mysql

               Assalamu'alaikum sobat ,selamat siang ,Hari ini saya lagi belajar mysql nihh , coba sobat lihat gambar 1.1 sobat pasti dahh paham kan maksud saya itu apa ...?? kalo gk paham saya mau jelasin maksud dari gambar 1.1 itu .Maksudnya begini saya membuat database dengan nama "test_rifky" saya membuat 3 table yaitu "siswa" , 'agama" dan "kelas" di dalam table "siswa" terdapat kolom "nama" ,"kelas","namaorangtua","noinduk","alamat","agama" . Saya mau Hubungkan tabel-table itu jadi saling berhubungan .... Sobat tau bagaimana caranya ..? kalo ada yang belum tau saya kasih tau caranya ...


gambar 1.1

Pertama sobat pergi ke http://localhost/phpmyadmin


masukan nama pengguna dan paswordnya .

kedua create data basenya



3. buat 3 table siswa , agama , kelas


table siswa
table agama
table kelas

- > Pada table siswa
kolom "noinduk" di jadikan primary key
kolom "kelas" di jadikan index
kolom "agama" di dijadikan index

- >Pada table agama
kolom "kode_agama" dijadikan primary key

- >Pada table kelas
kolom "kode_kelas" dijadikan primary key


4. Setelah itu pergi ke table "agama" >Pilih relation view




5 . Pergi ke table "kelas" >Pilih relation View




Sekarang table siswa sudah berhubungan dengan table agama dan table kelas
sobat bisa check dengan cara klik data basenya "test_rifky" > pilih "More" > Designer


Selesai dehh ohhya sobat cara untuk membuat table dan database sobat bisa baca disini   sekian dulu ya sobat ,kalo ada kesalahan tolong koreksi dan untuk yang masih bingung sobat bisa tinggal kan komentar atau bisa kontak saya disini ..


Terimakasih .... :)

Comments

  1. hadeww..kagak ngarti neh.. :n:

    ReplyDelete
  2. halo azura.
    saya juga kemaren sempat buat2 n belajar tentang Mysql,tapi yang jadi masalah,kemaren habis install/format laptop,and setelah itu aku install appservnya kembali.tapi ketika aku mau buka php MyAdmin gak bisa,padahal aku dah kasih masuk user:root dan pass:localhost gak bisa. . .
    aku coba install tu Appserv sampe 5 kali teetp gak bisa.Mohon solusinyaya...

    ReplyDelete
  3. @gopar-it hahahahhah simak aja dahh kaka :c:

    ReplyDelete

Post a Comment